Langsung ke konten utama

Fleksibilitas Pintu dengan Engsel Sendok



 
Inilah keunggulan utama engsel sendok dibanding dengan engsel yang lain. Kita bisa mengatur posisi pintu terhadap papan samping atau body utama almari pada 3 arah yaitu ke samping kanan/kiri; arah atas/bawah dan arah ke dalam/luar kabinet. Semuanya ini mungkin dilakukan karena konstruksi engsel sendok.
Sebagai awal sebaiknya kita mulai dengan mengetahui bagian-bagiannya.
·      Kepala Engsel
Bagian yang menempel pada pintu memiliki 2 baut penting yaitu baut yang mengatur ketinggian dan kedalaman pintu. Baut A adalah pengatur ketinggian dan baut B adalah pengatur kedalaman sekaligus sebagai pengikat kepala engsel ke rumah engsel.
·      Rumah engsel
Sebagai bagian yang menempel pada (biasanya) dinding samping almari. Pada produk yang mutakhir, lubang sekrup rumah engsel diperpanjang agar peletakannya pada dinding samping lebih leluasa.

Mengatur Posisi Pintu pada arah
·         Kanan/Kiri
Apabila pintu miring ke kanan dengan posisi atas pintu lebih banyak di sebelah kanan posisi anda, pada engsel paling atas ; kendorkan sedikit baut B - putar/kencangkan baut A - kencangkan kembali baut B - lakukan langkah yang sama apabila masih terjadi kemiringan.
·         Atas/Bawah
 
Kendurkan baut C - gerakkan daun pintu ke atas/bawah - kencangkan kembali baut C pada bagian atas dan bawah.
·         Dalam/Luar
Kendurkan baut B - gerakkan kaki engsel pada daun pintu ke dalam/luar hingga posisi yang diinginkan - kencangkan kembali baut B.

Postingan populer dari blog ini

Menentukan Jumlah Engsel Sendok

  Engsel sendok adalah jenis engsel yang paling banyak dipakai untuk berbagai jenis lemari atau yang lainnya. Untuk membuat lemari pakaian atau dapur kita perlu menentukan berapa jumlah engsel sendok yang diperlukan. Menentukan jumlah engsel yang perlu kita pasang sebenarnya sedikit rumit karena adanya beberapa aspek yang akan mempengaruhi daya tahan engsel mengangkat pintu. Dari bahan pintu, ukuran pintu dan kekuatan engsel sendok mempunyai andil yang besar dalam hal ini. Untuk memudahkan perhitungan disini akan asumsikan bahwa sebagian besar pintu perabot lemari pakaian atau dapur dibuat dari bahan multipleks dengan ketebalan 18mm. Apabila anda menggunakan bahan lain yang lebih berat, sebaiknya ditambahkan satu titik engsel untuk pintu tersebut. Dengan mempertimbangkan aspek melengkung pada pintu yang selalu bergerak dan berat pintu rata-rata adalah 5-10 kg per m 2 . Dibawah ini adalah jumlah engsel yang 'sebaiknya' digunakan pada ukuran panjang satu pintu.